Jumat, 08 Mei 2009

Kuliah Sosioteknologi

Perkuliahan sosioteknologi merupakan salah satu mata kuliah pada jurusan teknik elektro fakultas sains dan teknologi di UIN SUSKA Riau yang mendatangkan pemateri (praktisi) dari dunia kerja, yaitu perusahaan-perusahaan besar yang ada diwilayah Riau maupun di luar Riau seperti PT. CPI, PT. TELKOM RIDAR dan sebagainya.

Perkuliahan ini terdiri dari empat sesi pertemuan, yang mana masing-masing pertemuan di isi oleh pemateri yang berbeda. Pada tahun ajaran 2008/2009 ini, jurusan teknik elektro mengambil pemateri dari : 1. Skadron Teknik 45 Pangkalan TNI AU Pekanbaru dengan pemateri Bpk. Kapten Lek. Heru S. Hartono, S.Sos. 2. PT. Chevron Pasific Indonesia Rumbai dengan pemateri Bpk. Wowok Merianto dan Bpk. arif Ranusaputro. 3. PT. XL Jl. Baru Pekanbaru dengan pemateri Bpk. Damon Archadian.

Perkuliahan sosioteknologi sesi pertama telah dilaksanakan pada hari senin tanggal 27 april 2009. Dengan tema “Pengetahuan penerbangan”.

Sekilas Tentang Pengetahuan Penerbangan.

1. Angan-angan manusia untuk terbang
Daedalus adalah seorang pengrajin paling mahir, sedemikian mahirnya sehingga ia dikenal dapat menciptakan gambar yang bagaikan dapat hidup. Dialah yang membangun taman labirin untuk Raja Minos dari Kreta.
Penemuan layang-layang oleh bangsa cina sekitar abad keempat sebelum masehi telah memulai pemikiran manusia untuk terbang. Kaisar cina Wen hsien Ti pada abad ke-6 berkali-kali membuat rakitan dari bambu yang digerakkan seperti sayap burung.
Leonardo da Vinci menyusun studi pertama yang cukup serius tentang penerbangan sekitar tahun 1480. Seniman dan teknokrat ini membuat lebih dari 100 ilustrasi yang menggambarkan teori tentang penerbangan.
Louis Pierre Mouillard, penulis perancis yang tinggal di Mesir. Pada tahun 1889 mempublikasikan sebuah buku tentang aerodinamika “The Empire Of The Air”, yang merupakan salah satu mahakarya pustaka aeronotika yang pernah diterbitkan. Buku inilah yang menjadi salah satu inspirasi yang mendorong Wright bersaudara merancang pesawat terbang.
Otto Lilienthal, seorang insinyur berkebangsaan Jerman, menyusun tulisan tentang aerodinamika dan mulai merancang pesawat luncur yang dapat terbang.
Pada tahun 1891 Otto lilienthal berhasil mendesain pesawat luncur pertama yang dapat menerbangkan manusia dengan jarak cukup jauh. Tulisannya juga digunakan oleh Wright sebagai dasar untuk membuat desain pesawat.

2. Sejarah Pesawat Terbang
Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright bersaudara dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain wright bersaudara yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan fanborough Inggris tahun 1910.

3. Mengapa Pesawat Bisa Terbang ?
Bernouli, mengatakan bahwa dalam sebuah streamline perbandingan antara tekanan fluida dan kecepatannya adalah sama.
Dengan teori diatas, maka sayap pesawat dibuat aerofoil sehingga udara akan mengalir melewati bagian atas sayap dan bagian bawah sayap. Bukan udara yang melewati sayap pesawat, tetapi sayap pesawatlah yang maju “menembus” udara. Dengan bentuk yang melengkung maka aliran udara diatas sayap membutuhkan jarak yang lebih panjang dan membuatnya “mengalir” lebih cepat dibandingkan dengan aliran udara dibawah sayap pesawat. Karena kecepatan udara yang lebih cepat diatas sayap, maka tekanannya akan lebih rendah di bandingkan dengan tekanan udara yang “mengalir” dibawah sayap. Tekanan dibawah sayap yang lebih besar akan “mengangkat” sayap pesawat dan disebut gaya angkat/lift.
Jika kecepatan turun maka lift akan berkurang dan pesawat akan jatuh, dalam ilmu penerbangan disebut stall speed. Jika kecepatan pesawat melebihi rancangannya maka akan terjadi stall yang dinamakan HIGH SPEED STALL.

By : Mulyono (TE UIN SUSKA Riau)

referensi : Skadron Teknik 45 Pangkalan TNI AU Pekanbaru


Info Penting :

Bagi Mahasiswa yang mengambil mata kuliah sosioteknologi jurusan teknik elektro harap membuat 3 daftar pertanyaan dengan tema "Peran Teknologi Telekomunikasi Dalam Menunjang Operasi Perminyakan Di PT. CPI dan Masyarakat Sekitarnya".

Dikumpulkan sebelum perkuliahan sesi kedua dimulai.

Ttd,

Mulyono



Tidak ada komentar:

 
Copyright 2009 Mul's Blog. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator